Inilah Obat Asam Urat yang Mujarab

Obat asam urat yang mujarab adalah komitmen diri sendiri terhadap gaya hidup sehat

Obat asam urat yang mujarab kini menjadi kalimat promosi yang ampuh untuk menarik perhatian di pasar obat-obatan herbal, fenomena ini menunjukkan tingginya tingkat kompetisi akibat makin banyaknya permintaan dari para penderita penyakit asam urat atau gout. Meluasnya pasar obat asam urat secara dominan disebabkan gaya hidup masyarakat yang terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan mengandung purin.

Obat asam urat pun semakin banyak ditawarkan melalui berbagai iklan di media cetak dan online, seringkali dalam promosinya selalu dikatakan manjur atau mujarab. Konsumen yang menderita penyakit asam urat hendaknya tidak langsung membeli dan mengkonsumsi obat asam urat yang ditawarkan melalui iklan-iklan dengan kalimat-kalimat menarik.

Obat asam urat dibuat dari berbagai macam bahan, selain obat-obatan generik yang bisa dibeli dari apotik setelah mendapat resep dari dokter, ada pula yang bersifat alami karena dibuat dari herbal. Sementara itu, pengobatan asam urat juga ditawarkan oleh pengobatan-pengobatan alternatif yang bernuansa tradisional.

Disarankan agar penderita berkonsultasi ke dokter dan akan lebih efektif jika mencari informasi tentang penyakit asam urat untuk benar-benar memahaminya, sehingga proses pengobatan dan penyembuhannya dapat dilakukan dengan aman dan tuntas, untuk selanjutnya bisa melakukan pencegahan terhadap timbulnya penyakit tersebut.

Jika penyakit asam urat dapat diketahui sejak dini dengan mencermati gejala-gejala asam urat, maka akan dapat dilakukan pencegahan dini agar tidak terlanjur menjadi parah. Gejala awal asam urat yang kadang timbul kemudian menghilang untuk jangka waktu lama sering dianggap enteng oleh penderita. Biasanya, pengobatan baru dilakukan secara serius setelah penyakit menjadi parah.

Obat asam urat yang mujarab bisa berupa obat generik yang dijual di apotik, obat herbal yang digunakan pengobatan secara tradisional, tetapi hanya apabila dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Sehingga juga diperlukan diagnosa secara tepat oleh dokter atau ahli pengobatan tradisional yang telah cukup berpengalaman.


Sejarah obat asam urat

Kemujaraban obat asam urat juga berbeda-beda dari masa ke masa. Sejak penyakit asam urat dengan deskripsi tentang artritis pada ibu jari kaki dikenal di Mesir pada tahun 2.600 sebelum Masehi. Para ahli penyembuhan sudah berusaha mencari obat yang cocok dengan meneliti ciri-ciri dan gejala penyakit Asam urat.

Bapak kedokteran dari jaman sebelum Masehi
Penyebab dan sakit asam urat merupakan “implementasi terbalik” dari qoutes Hippocrates sekitar 2300 tahun yang lalu

Sekitar tahun 400 sebelum Masehi, seorang dokter Yunani Hippocrates menemukan fakta baru tentang penyakit asam urat. Menurutnya, penyakit asam urat tidak ditemukan pada pria yang dikebiri dan wanita sebelum menopause. Obat sakit asam urat di jaman tersebut juga diramu secara empiris berdasarkan analogi bahan untuk penyakit yang mirip atau serupa.

Hippokrates (460 SM - 370 SM) adalah seorang ahli fisika dari Yunani kuno, yang kini dikenal sebagai figur medis yang paling terkemuka sepanjang masa. Sebutan unruk Hippokrates sebagai "Bapak Kedokteran" memang tidak berlebihan, salah satu pendapat yang diucapkannya sekitar 300 tahun Sebelum Masehi “Our food should be our medicine and our medicine should be our food” terbukti kini dialami dan menjadi masalah bagi manusia modern.

Ucapan Hippokrates yang sedianya dimaksudkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan manusia itu, ironisnya terimplementasi secara terbalik. Yakni ketika makanan yang dikonsumsi masyarakat modern justru menjadi penyebab berbagai penyakit karena tingginya kandungan lemak, gula dan termasuk purin yang memicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Pada tahun 30 Masehi pengetahuan manusia tentang penyakit asam urat bertambah berkat penelitian yang dilakukan oleh Aulus Cornelius Celsus yang mendeskripsikan bahwa nyeri dan benjolan asam urat memiliki keterkaitan dengan alkohol dan masalah ginjal. Paling tidak, temuan tersebut telah memberi manfaat banyak orang yang menghentikan kebiasaan minum mereka sehingga terhindar dari serangan asam urat.

Selain bisa memberikan informasi tentang penyakit asam urat dengan lebih luas, obat asam urat pun berkembang selangkah lagi ketika komposisinya disesuaikan untuk mengantisipasi penemuan tersebut. Setidaknya obat asam urat saat itu memiliki khasiat yang lebih mujarab dibandingkan dengan jaman sebelumnya.

Kristal asam urat dan Antonie van Leeuwenhoek
Antonie van Leeuwenhoek dan kristal asam urat yang berhasil dideskripsikan dalam tampilan mikriskopis

Sementara itu, disaat kalangan medis sedang meneliti proses terjadinya endapan pada persendian para penderita asam urat, Ilmuwan Belanda, Antonie van Leeuwenhoek telah lebih dulu berhasil mendeskripsikan kristal asam urat dalam tampilan mikroskopik, tepatnya pada tahun 1679

Antonie juga disebut sebagai "Bapak Biologi", dan dianggap sebagai mikrobiolog pertama, dan sekaligus orang pertama yang mengamati dan mendeskripsikan organisme bersel satu. Ilmuwan Belanda terkenal karena pengembangan mikroskop dan kontrobusinya terhadap kemajuan ilmu mikrobiologi.

Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1683 ketika seorang dokter dari Inggris, Thomas Sydenham mendeskripsikan penyakit asam urat atau gout artritis dengan uraian yang lebih detil dan lengkap. Menurutnya, pasien gout kalau bukan pada laki-laki berumur adalah mereka yang kehabisan energi waktu muda sehingga mengalami penuaan dini, diantaranya karena kesenangan seksualnya yang berlebihan.

Umumnya para penderita naik ke tempat tidur dalam kondisi kesehatan yang baik. Tetapi sekitar jam dua dini hari akan terbangun karena nyeri yang hebat di ibu jari kaki; kadang di tumit, pergelangan kaki atau punggung kaki. Nyeri terasa seperti terjadi dislokasi, pada bagian itu terasa seperti disiram air dingin. Kemudian diikuti dengan rasa dingin, penderita menggigil dan merasa demam.

Malam pada serangan pertama gout akan dilalui dengan penuh siksaan, kurang tidur, terus menerus mengubah posisi badan untuk mengurangi rasa sakit pada persendian. Kondisinya akan lebih buruk jika serangan kristal pada persendian tersebut dialami sampai berulangkali.

Pada tahun 1848, seorang dokter Inggris Alfred Baring Garrod melengkapi hasil penelitian tentang penyakit asam urat dengan memastikan bahwa gout artritis bisa terjadi akibat kelebihan kadar asam urat dalam darah. Tetapi keberadaan asam urat tersebut adalah hal yang wajar pada manusia. Berbeda dengan binatang memiliki kemampuan untuk memproduksi uricase yang bisa mengurai asam urat, manusia dan spesies monyet besar tidak memiliki kemampuan tersebut.

Penderita asam urat tinggi masa kini tentu tak asing dengan Allopurinol, obat medis berbahan zat kimia yang paling populer untuk menurunkan kadar asam urat. Selain harganya yang murah karena diproduksi dalam bentuk generik, obat ini memiliki khasiat yang sama dengan obat-obatan paten yang sejenis.
Allopurinol merupakan salah satu obat asam urat yang mujarab di jaman modern hasil penemuan Gertrude Belle Elion. Tetapi Gertrude lebih dikenal sebagai penemu 6-merkaptopurin (Purinethol), pengobatan pertama untuk leukemia dan digunakan dalam transplantasi organ.

Gertrude penemu Allopurinol, Obat penurun kadar asam urat
Gertrude Belle Elion, penemu obat penurun kadar asam urat terpopuler Allopurinol

Allopurinol adalah salah satu dari 7 obat penemuan yang kesemuanya untuk penyakit-penyakit ganas dan mematikan. Gertrude meninggal 21 Februari 1999 pada usia 81 tahun.di Chapel Hill, North Carolina, Amerika Serikat. Dalam karirnya Gertrude telah menerima berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan terpenting adalah Penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi pada tahun 1988.

Sampai saat ini penelitian medis terhadap penyakit asam urat masih terus dilakukan seiring dengan berbagai eksprimen untuk memperoleh formula yang tepat sebagai obat asam urat yang lebih mujarab. Pada perkembangan terakhir, tepatnya akhir Desember 2015 FDA atau badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat mengelurkan ijin untuk pemasaran lesinurad yang dikemas dengan nama merk Zurampic.

Lesinurad digunakan sebagai obat kombinasi bagi penderita gout yang telah diterapi dengan obat-obatan seperti allopurinol atau febuxostat, tetapi tetap memiliki kadar asam urat yang tinggi. Jika allopurinol dan febuxostat berfungsi menurunkan produksi asam urat, maka lesinurad bekerja dengan cara mengurangi penyerapan asam urat pada ginjal sehingga asam urat akan lebih banyak dikeluarkan dari tubuh.

Obat-obatan herbal di Indonesia

Tidak berbeda dengan obat-obatan berbahan zat kimia, obat herbal juga memiliki sejarah sangat panjang, termasuk obat herbal untuk sakit asam urat. Dalam sejarah pengobatan herbal, China dikenal memiliki pengalaman paling lama. Obat-obatan tradisional di Tiongkok telah dikembangkan sejak jaman pemerintahan Dinasti Zhou pada tahun 11 Sebelum Masehi.

Toko bahan obat asam urat tradisional China
Toko penjual bahan obat-obatan tradisional China

Pengobatan tradisional Tiongkok dilakukan berdasarkan filosofi bahwa segala proses dalam tubuh manusia berhubungan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Timbulnya suatu penyakit disebabkan oleh ketidakharmonisan antara lingkungan di dalam dan di luar tubuh manusia. Gejala ketidakseimbangan ini digunakan dalam pemahaman, pengobatan, dan pencegahan berbagai penyakit.

Sedangkan sejarah pengobatan tradisional di Indonesia berdasarkan prasasti tujuh Yupa, ditulis dalam huruf Palawan dan berbahasa Sansekerta yang ditemukan di Kalimantan Timur, diperkirakan baru dimulai pada abad 5 Masehi. Dalam perkembangannya pengobatan tradisional Indonesia dipengaruhi oleh masuknya agama dan budaya Hindu, juga Budha dari India dan China.

Pembuatan obat tradisional dalam relief candi Borobudur
Obat tradisional Indonesia sudah ada sejak tahun 772 M

Pada tahun-tahun berikutnya obat tradisional Indonesia yang disebut sebagai Jamu telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Beberapa relief pada Candi Borobudur yang dibangun pada tahun 772 M, juga Candi Prambanan, Penataran, Sukuh dan Tegalwangi menunjukkan kegiatan masyarakat di masa itu sedang maracik jamu, atau kegiatan terkait dengan pengobatan tradisional yang menggunakan bahan herbal.

Perkembangan jamu juga tidak terlepas dari pengaruh budaya dan agama Kristen yang dibawa masuk oleh Portugis dan Belanda ke Indonesia. Begitu pula budaya dan agama Islam yang dibawa masuk oleh para pedagang dari Gujarat ikut mempengaruhi perkembangan jamu di Indonesia.

Jamu sebagai obat tradisional mulai diolah secara modern pada tahun 1910 di Surabaya oleh pabrik jamu “Jamu Iboe”. Disusul oleh “Jamu Cap Jago”yang berdiri di Semarang pada tahun 1918. Berkat penerapan teknologi modern, pndustri obat tradisional atau jamu juga mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hingga kini tercatat sekitar 1024 perusahaan obat tradisional dengan berbagai skala yang memproduksi lebih dari 10.000 macam produk yang berupa serbuk, pil, kapsul sampai jamu godogan seperti produk di jaman dulu. Klasifikasi produknya pin bermacam-macam, mulai dari obat tradisional, obat herbal terstandar hingga fitofarmaka.

Warung jamu seduh penjual obat asam urat yang sudah diproduksi secara modern
Warung Jamu menjual obat tradisional dengan gaya modern

Jenis jamu yang diproduksi juga beragam, mulai dari obat yang digunakan untuk perawatan tubuh, pemeliharaan kesehatan, meningkatkan kebugaran, sampai pengobatan penyakit. Obat asam urat menjadi salah satu produk populer dengan semakin banyaknya penderita asam urat dengan di di bawah 30 tahun.

Di Indonesia obat asam urat berbahan herbal terbanyak diproduksi dalam klasifikasi obat tradisional atau jamu, disusul obat herbal terstandar dan fitofarmaka. Pemasarannya tidak terbatas di dalam negeri, tetapi sudah menembus beberapa pasar ekspor di manca negara. Tetapi sebaliknya, pasar dalam negeri juga dimasuki oleh obat-obatan herbal, khususnya dari China.

Akibat gaya hidup

Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization), prevelensi asam urat di Amerika Serikat diperkirakan 13,6 per 100 ribu penduduk. Pervelensi ini berbeda di tiap negara, berkisar antara 0,27% di Amerika hingga tertinggi 10,3% di Selandia Baru. Sedangkan, di Indonesia sendiri diperkirakan 1,6-13,6 per 100 ribu orang. Peningkatan insiden gout dikaitkan dengan perubahan gaya hidup, peningkatan kasus obesitas dan sindrom metaboli.

Di Indonesia asam urat diderita pada usia lebih awal dibandingkan dengan negara barat. 32% serangan gout terjadi pada usia dibawah 34 tahun. Sementara diluar negeri rata-rata diderita oleh kaum pria diatas usia tersebut. Di Indonesia, asam urat emenduduki urutan kedua setelah osteoartritis. Tetapi prevalensi penyakit asam urat belum diketahui secara pasti karena bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya asam urat adalah pola makan yang salah, umumnya makanan yang tidak seimbang dengan asupan protein yang mengandung purin terlalu tinggi. Terutama orang yang sering mengkonsumsi seafood, jeroan dan alkohol, ketiganya adalah makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin.

Mereka yang memiliki keluarga penderita asam urat merupakan juga menjadi salah satu faktor risiko serangan asam urat. Sekitar 18 persen penderita asam urat memiliki riwayat penyakit yang sama pada salah satu anggota keluarganya, entah dari orang tua maupun kakek-neneknya.

Apa obat asam urat yang mujarab ?

Keberadaan obat asam urat, apakah di pasar obat tradisional atau di pasar farmasi menunjukkan bahwa obat tersebut memang sudah terbukti mujarab karena mampu menyembuhkan penggunanya. Meskipun gejala penyakit asam urat yang menyerang semua korbannya bisa digeneralisir, tetapi untuk proses penyembuhannya pada setiap individu dibutuhkan informasi lengkap dan rinci agar dapat diberikan obat yang dapat berfungsi secara efektif.

Penderita penyakit asam urat tinggi yang juga menderita diabetes atau hipertensi tentu membutuhkan penanganan yang berbeda dengan mereka yang mengalami hiperurisemia. Belum lagi korelasi antara tingginya kadar asam urat dengan pola hidup masing-masing penderita yang berbeda mengakibatkan proses penyembuhan penyakit asam urat memerlukan penanganan yang bersifat individual.

Selain itu tingkat pemahaman penderita terhadap penyakitnya dan intensitas dokter dalam melakukan diagnose juga merupakan faktor di luar obat yang justru sangat menentukan seberapa mujarab obat yang digunakan dalam proses penyembuhan tersebut. Pada dasarnya, obat hanyalah salah satu mata rantai dalam proses penyembuhan penyakit asam urat.

Bahkan tanpa obat dan tanpa dokter, penyakit asam urat bisa sembuh dengan sendirinya asal si penderita sanggup menahan sakit selama beberapa hari sambil mengubah pola makan yang menjadi kebiasaan sehari-hari dengan mengganti makanan sehat rendah purin. Karena pada umumnya sakit asam urat disebabkan oleh pola makan penderitanya yang salah akibat ketidaktahuan tentang makanan yang mereka konsumsi.

Banyak faktor agar obat asam urat menjadi mujarab
Kemujaraban obat asam urat tidak terletak pada obat itu sendiri

Terkait dengan obat asam urat mujarab yang berbahan herbal atau tradisional, sering terdengar di kalangan awam istilah “cocok-cocokkan”. Artinya, satu obat tradisional, jamu atau herbal bisa cocok untuk si A, tetapi tidak cocok untuk si B. Jadi, bisa bersifat sangat individual dan spekulatif. Ini bisa dimaklumi karena pada umumnya penderita sakit asam urat yang mengkonsumsi obat tradisional didasarkan pada referensi teman atau membaca iklan.

Tanpa diagnose yang akurat, hanya karena merasa nyeri sendi lalu divonis sendiri sebagai penyakit asam urat dan dicarikan obatnya melalui iklan yang dilabeli dengan obat nyeri sendi, bagaimana proses pengobatan itu bisa berlangsung secara efektif ? Atau dengan kata lain bagaimana obat tersebut bisa menjadi mujarab ?

Obat asam urat dari bahan apa pun yang dipromosikan sebagai obat mujarab, tidak akan dapat menyembuhkan penyakit asam urat secara total, kecuali jika penderita penyakit asam urat juga bersedia untuk merubah cara mengkonsumsi makanan. Karena penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup seseorang, maka sejalan dengan proses pengobatannya, gaya hidup penderita pun secara bertahap juga harus mulai dirubah dengan gaya hidup yang lebih sehat.

Obat asam urat (dengan pengertian sebagai obat untuk nyeri sendi) mungkin bisa mujarab untuk menyembuhkan sesaat, tetapi perlu upaya lebih banyak agar penyakit asam urat tidak kambuh lagi, terutama untuk menghindari bahaya akibat penyakit asam urat yang bisa berakibat fatal. Khususnya karena penyembuhan untuk penyakit ini juga membutuhkan perubahan kebiasaan pola makan yang sudah terlanjur mengakar selsama bertahun-tahun.

Jika Anda memang memerlukan informasi tentang jenis obat untuk penyembuhan penyakit asam urat, bisa klik disini : Obat-obatan Asam Urat


Hakekat obat asam urat yang mujarab akibat tingginya asupan purin


Artikel terkait Obat Asam Urat yang Mujarab :

9 komentar:

maaf saya mau bertanya apakah lebih baik mengkonsumsi obat penyakit asam urat yang berbahan kimia atau yang alami? terimakasih

obat asam urat salah satunya bisa dengan daun sirsak

apakah saya bisa menjadi reseller produk ini ? Obat Herbal Asam Urat

asam urat seperti penyakit kambuhan tiap kali makan makanan daging.
Info Penting! 7 Obat Herbal Asam Urat Terbukti Manjur

makasih artikelnya admin,,,bermanfaat bagi banyak orang dan mudah di pahami,,di klik jugaArtikel kesehatan terbaru

informasi yang bermanfaat semoga sehat dan sukses selalu,
oiyaa gan sekedar sharing aja nih saya juga seorang penjual herbal alhamdulillah penjualan produk herbal saya meningkat drastis berkat alat analisa kesehatan canggih QRMA mini versi terbaru dengan 41 laporan https://goo.gl/J1Q93k , kalau agan minat silahkan hubungi marketing yang dulu pernah saya beli alatnya 081213162228, pelayanannya sangat bagus dan sangat saya rekomendasikan


salam sukses 7lebah.com

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More