AS Hentikan Obat Asam Urat Sulfinpyrazon


Sulfinpyrazon adalah obat untuk Asam Urat atau Gouty Arthritis yang bertujuan menurunkan kadar asam urat dalam darah dan digunakan sebagai alternatif Allopurinol. Obat ini juga berfungsi mencegah dan mengurangi kelainan sendi dan tofi pada penyakit asam urat kronik berdasarkan hambatan reabsorpsi tubular asam urat.

Sebagai obat paska serangan akut asam urat, maka Sulfinpyrazon juga seperti Allopurinol tidak bisa digunakan langsung saat sendi-sendi penderita sedang sakit dan membengkak. Sulfinpyrazon lebih efektif jika digunakan untuk pasien dengan hiperurisemia yang sedikit mengekskresikan asam urat.

Sulfinpyrazon mengurangi eksresi tubuli dari asam aminohipurat dan fenolsulfonftalein, sehingga uji diagnostik yang berdasarkan pengukuran zat tersebut tidak berguna bila dilakukan pada penderita yang mendapat sulfinpirazon.

Komposisi kimia Sulfinpyrazon mirip dengan oksifenbutazon dan fenilbutazon sehingga dapat menyebabkan reaksi alergi silang dengan obat tersebut. Sulfinpyrazon biasanya diberikan dengan dosis awal 100 mg/hari bersama makanan, selanjutnya ditingkatkan secara bertahap menjadi 200-400 mg/hari bahkan sampai 600 mg/hari. Kemudian dikurangi sampai diperoleh dosis minimal yang efektif, biasanya 200 mg/hari.

Sebagai turunan dari fenilbutazon (AINS) selain memberikan efek urikosurik, sulfinpyrazon juga mempunyai efek anti-inflamasi. Efek samping pemberian Sulfinpyrazon yang sering terjadi adalah timbulnya rasa mual, muntah, dan dapat terjadi gangguan pada lambung. Karena itu, obat ini hanya boleh dikonsumsi berdasarkan resep dokter dan hanya dijual di apotik.

Sulfinpyrazon dapat meningkatkan efek insulin dan obat hipoglikemik oral sehingga harus diberikan dengan pengawasan ketat bila diberikan bersama dengan oksifenbutazon dan fenilbutazon. Sekitar lima belas persen penderita yang menggunakan Sulfinpyrazon mengalami gangguan pada saluran pencernaan, sehingga kadang-kadang pengobatannya perlu dihentikan. Karena itu Sulfinpyrazon tidak boleh digunakan untuk penderita yang memiliki riwayat ulcus pepticum atau gangguan maag.

Penurun kadar asam urat dengan nama generik Sulfinpyrazone dan nama merek Anturane
Obat penurun kadar asam urat dalam darah ini telah dihentikan produksinya di AS dengan alasan yang tak jelas. Tetapi FDA (Food and Drug Administration) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS menyatakan bahwa penghentian ini bukan untuk alasan keamanan.



Obat Asam Urat yang Dijual di Apotik :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More