Obat Asam Urat Tradisional Daun Sirih Merah

Daun sisih merah berkhasiat sebagai obat sakit asam urat

Obat asam urat tradisional Sirih Merah (Piper ornatum) ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang tergolong sebagaoi penyakit berat. Diantaranya untuk penyakit jantung, kanker payudara, kanker rahim, diabetes melitus, hepatitis, radang prostat, radang mata, tuberkulosis (TBC), ginjal sampai penyakit yang terhitung ringan : maag dan wasir. Selain itu tanaman yang lebih cenderung berpenampilan sebagai tanaman hias ini juga dapat digunakan untuk mencegah stroke dan memperhalus kulit.

Tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari Sulawesi ini merupakan kerabat dekat lada dan salah satu dari keluarga besar sirih, diantaranya sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning dan sirih gading. Mereka memiliki ciri yang hampir sama, tumbuh dengan cara merambat, daunnya terletak pada tangkai yang tumbuh berselang-seling pada batang.

Daun Sirih Merah untuk Obat Asam Urat

Ciri khas yang mudah dikenali dari sirih merah sesuai namanya, yakni memiliki daun berwarna merah keperakan yang berkilau ketika diterpa sinar matahati. Untuk lebih memastikannya, jika daunnya disobek akan mengeluarkan lendir dan tercium bau wangi. Di kalangan masyarakat Jawa khususnya daerah Jogyakarta, selain dikenal sebagai bahan obat tradisional tumbuhan ini dianggap memiliki nilai spiritual. Karena itu suruh abang atau sedah abrit, sebutannya dalam bahasa Jawa, selalu diikutsertakan dalam setiap upacara adat.

Daun sirih merah memiliki beberapa kandungan zat alami yang bermanfaat sebagai obat bagi tubuh manusia, diantaranya alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Kandungan kimia lainnya meliputi minyak atsiri, fenil propada, kadimen estragol, terpenena, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole dan caryofelen. Tanaman ini juga diolah secara modern dan dikemas sebagai obat herbal terdaftar yang dijual di apotik dan toko-toko obat.

Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Sirih Merah

Ramuan 1
Sebelum membuat ramuan siapkan bahan-bahannya sebagai berikut:
– 7 lembar Daun sirih merah
– Batang sirih merah 1 tangkai panjang 15 cm
– 800 ml. atau 4 gelas air

Daun sirih merah dan batangnya dicuci bersih, diiris kecil-kecil dan direbus dengan air hingga tersisa 2 (dua) gelas. Disaring dan ditambahkan madu secukupnya.
Ramuan tersebut diminum 2 (dua) kali sehari. masing-masing 1/2 setengah gelas.

Ramuan 2
Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berupa :
- 3 lembar daun sirih merah setengah tua
- 3 lembar pucuk daun sirih  
- 600 ml. atau 3 gelas air

Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahannya, lalu iris kecil-kecil. Kemudian rebus dengan air, didihkan sampai tersisa setengahnya. Air rebusan disaring dan didinginkan. Minumlah air rebusan tersebut 3 kali dalam sehari.

Ramuan 3
Sediakan bahan-bahan yang diperlukan, meliputi : 
- 4 lembar daun sirih merah 
- 20 gr. umbi dewa yang kering
- 20 gr. keladi tikus 
- 10 gr. daun sambiloto 
- 1 liter air putih

Cuci semua bahan hingga benar-benar bersih. Kemudian rebus semua bahan dengan 1 liter air hingga mendidih, sampai tersisa hanya  setengahnya. Saring air rebusan dan ramuan tersebut bisa diminum secara rutin 3 kali sehari.

Ramuan daun sirih merah terutama bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Sedangkan cara alami terbaik untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah adalah dengan berpantang makanan yang mengandung banyak purin.


Obat tradisional asam urat lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More