100 Makanan Purin Tinggi Penyebab Asam Urat (1)

Makanan berpurin tinggi memicu naiknya asam urat


100 Makanan tinggi purin ini merupakan penyebab paling potensial bagi meningkatnya kadar asam urat dalam darah yang berujung pada timbulnya penyakit asam urat. Meskipun ada beberapa penyebab lain, umumnya sakit asam urat di kalangan masyarakat Indonesia berawal dari kebiasaan mengonsumsi makanan berpurin tinggi.

Karena itu pula, makanan yang berpurin tinggi menjadi pantangan keras bagi para penderita asam urat. Sebaliknya bagi yang beruntung kadar asam uratnya masih rendah, juga harus tetap bisa mengendalikan diri tidak terlalu mengumbar nafsu untuk menyantap makanan berpurin tinggi.

Memang makanan berpurin tinggi umumnya merupakan sajian yang lezat untuk disantap, sedangkan konsumennya secara manusiawi akan selalu cenderung untuk menikmatinya. Selain didorong oleh rasa ingin tahu juga secara naluriah memiliki nafsu makan yang seringkali tidak bisa dikendalikan.

Sementara di luar sana, kompetisi yang ketat dalam bisnis kuliner memicu kreativitas para pelakunya untuk menyajikan beragam makanan dengan cita rasa tinggi yang semakin kaya lemak dan gula. Tak banyak yang memahami bahwa jenis makanan tersebut bukan hanya memicu tingginya kadar asam urat, tetapi juga kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Berikut adalah daftar 100 makanan tinggi purin yang berpotensi menyebabkan tingginya kadar asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan. Setiap jenis makanan dengan berat 100 gram (1 ons) masing-masing memiliki kandungan purin (dalam miligram) yang berbeda. Bagi penderita asam urat sebaiknya makanan ini dihindari dan digantikan dengan makanan lain yang lebih sehat.


Daftar makanan yang mengandung purin tinggi
Roti manis dan jamur kering masuk dalam kategori makanan yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Ragi (Brewer’s Yeats) memiliki kandungan purin yang paling banyak, sehingga setiap jenis makanan hasil fermentasi juga akan mengandung purin yang cukup tinggi, seperti tape dan tempe. Kedua makanan ini telah menjadi makanan sehari-hari yang disajikan dalam berbagai variasi, tapi tidak banyak yang mengetahui tentang jumlah purin yang dikandungnya. Mengkonsumsi makanan yang keseluruhannya mengandung purin tinggi akan bisa memberikan kontribusi terhadap kenaikan kadar asam urat dalam darah.

Roti manis juga memiliki purin yang cukup tinggi. Karena pembuatan roti agar bisa mengembang dilakukan melalui proses fermentasi dengan menggunakan ragi, sehingga akhirnya mengandung purin cukup tinggi. Untuk menetralisir kemungkinan masuknya asam urat secara berlebihan, maka dalam menu sehari-hari perlu diimbangi dengan konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan minum air putih secukupnya.

Hati sapi diperlukan untuk ibu hamil karena mengandung banyak kolin, dalam 3,5 oz hati sapi terkandung kolin sebanyak 532 mg, lebih banyak dari satu butir telur, yang hanya 282 mg. Kolin berperan penting di dalam tubuh, khususnya untuk perkembangan fungsi otak. Hal ini berhubungan dengan fungsi kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.

Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan bisa menghindari kepikunan di usia lanjut. Selain itu, asupan kolin yang cukup saat kehamilan mengurangi risiko kematian sel pada janin, yang berarti mengurangi risiko bayi cacat dan keguguran.

Penelitian Meck dan William (1999) merekomendasikan pemberian makanan kaya kolin dilakukan sejak umur janin 20-25 minggu. Sementara asupan kolin pada saat menyusui dilakukan untuk mendukung perkembanagan otak bayi secara optimal.

Penelitian Ladd dkk (1993) menganjurkan agar kolin juga dikonsumsi oleh mereka yang sedang dalam tahap pertumbuhan maupun kaum lanjut usia. Mereka yang berada pada usia produktif juga wajib mengonsumsi kolin untuk mempertahankan fungsi otak agar tetap bugar. Kolin juga dapat memperbaiki memori otak yang rusak akibat proses penuaan.

Tetapi bagi penderita asam urat tinggi sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi hati sapi karena kandungan purinnya per 100 gram mencapai 554 mg. Jumlah ini tergolong sangat tinggi, bahkan untuk mereka dengan kadar asam urat normal sekali pun, resikonya jauh lebih tinggi dari manfaatnya. Jika kadar asam uratnya terlanjur naik, maka benar-benar diperlukan obat yang mujarab untuk memulihkan ke kondisi semula.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) juga merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Kandungan proteinnya lumayan tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4% yang berarti pula memiliki kandungan purin tinggi.

Ikan Sarden yang diolah menjadi ikan dalam kaleng memang mengandung beberapa jenis nutrisi seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, seng, kalsium, natrium. Selain itu juga mengandung protein, vitamin B komplek, vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin K. Meskipun secara teoretis bermanfaat untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mengandung purin tinggi. Sedangkan proses produksinya juga melibatkan beberapa bahan kimia sintetis yang bisa membuat alergi bagi konsumen yang sensitif.

Purin dalam makanan penyebab penyakit gout artritis
Ikan teri segar dan daun melinjo mengandung purin cukup tinggi.

Limpa Sapi yang berpurin 444 mg. adalah salah satu dari Jerohan, yaitu semua organ dalam hewan yang terdiri dari hati, jantung, ginjal, lidah, usus, dan otak. Beberapa budaya di dunia beranggapan bahwa jerohan termasuk sampah yang tidak layak dikonsumsi, lalu diolah dan dimanfaatkan untuk pakan ikan.

Tetapi banyak pula budaya yang menganggap jerohan sebagai bagian dari konsumsi, dalam beragam kuliner Nusantara jerohan diolah dengan berbagai resep sehingga menghasilkan masakan bercita rasa tinggi. Selain mengandung beberapa unsur yang diperlukan manusia, jerohan juga memiliki purin dalam jumlh yang tinggi.

Karena itu bagi para penderita penyakit asam urat, jerohan merupakan pantangan utama. Sementara bagi mereka dengan kadar asam urat rendah sebaiknya menjauhi makanan yang berbahan jerohan, terutama hati mengingat fungsinya dalam pencernaan hewan untuk menetralisir racun, maka masih banyak senyawa-senyawa beracun yang mengendap dalam organ ini.

Ikan anchovy yang lebih dikenal dengan nama ikan teri merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung beberapa jenis nutrisi seperti asam folat, niasin, riboflavin, thiamin vitamin B12, vitamin E dan juga vitamin K. Tetapi ikan teri mengandung purin yang cukup tinggi, lemak dan juga kolesterol.

Sehingga konsumsi ikan teri segar dan kering atau ikan teri yang dikalengkan akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Khususnya ikan teri kering rawan mengandung parasit akibat proses pengolahan yang umumnya dilakukan secara tradisional dan tanpa pengawasan dari instansi terkait.

Daun melinjo ternyata memiliki purin lebih tinggi dibandingkan dengan emping melinjo, yakni 366 mg. Olahan dari biji melinjo yang populer sebagai pelengkap sajian di hari raya itu ternyata juga masih kalah dengan kadar purin dari bijinya sebelum menjadi emping. Padahal daun melinjo dan bunganya sering dibuat sebagai pelengkap sayur asem dan menjadi salah satu sayur favorit, terutama di saat hari sedang terik.








Artikel terkait 100 Makanan Purin Tinggi Penyebab Asam Urat :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More