Obat-obatan Asam Urat Dari Daun Salam

Kemasan modern daun Salam untuk obat asam urat tinggi

Daun Salam sebagai obat untuk meredakan rasa nyeri sendi akibat sakit asam urat ternyata merupakan resep warisan nenek moyang sejak jaman dulu. Di saat itu mungkin penyakit asam urat belum begitu populer, tetapi rasa pegal-pegal, linu dan nyeri di persendian sudah sering dialami kebanyakan orang.

Cara memanfaatkan daun Salam sebagai obat dilakukan dengan sangat sederhana, yakni direbus untuk diminum airnya. Sedangkan untuk pemakaian jangka waktu lama yang memerlukan persediaan, daun Salam dikeringkan lebih dulu dan disimpan. Setiap saat jika diperlukan, daun Salam kering tadi bisa langsung direbus sesuai kebutuhan.


Kapsul Dari Ekstrak Daun Salam


Karena daun Salam juga banyak dimanfaatkan sebagai obat, maka berdasarkan pertimbangan kepraktisan dan kemudahan dalam mengkonsumsinya daun ini diekstrak, kemudian dikemas dalam kapsul. Dengan demikian proses penyembuhan untuk penggunanya pun menjadi lebih efektif karena tidak perlu mengalami kesulitan harus menyediakan daun Salam dan merebusnya setiap pagi.

Kapsul ekstrak daun Salam untuk obat sakit asam urat
Jamu dari daun Salam dalam kemasan obat modern

Salah satu produk yang merupakan ekstrak daun Salam dengan kandungan zat aktif yang tinggi adalah Sarat. Obat tradisional atau jamu dalam kemasan modern ini diproduksi oleh PT. Industri Jamu Borobudur yang sudah mulai memproduksi obat-obatan herbal sejak tahun 1979.

Sarat diproses secara modern, sesuai dengan Quality Management System ISO 9001 serta persyaratan Good Manufacturing Practices (GMP) atau Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik(CPOTB). Sehingga meskipun berlabel jamu, bukan hanya kemasannya tetapi proses produksinya pun setara dengan obat-obatan modern.

Komposisi produk yang telah terdaftar di Badan POM dengan Nomor POM TR 072 374 551 ini hanya terdiri dari ekstrak daun Salam dengan khasiat utama untuk membantu meredakan pegal-pegal, linu-linu dan nyeri pada persendian. Notabene merupakan salah satu gejala asam urat tinggi.

Selain ekstrak daun Salam Borobudur Extraction Center telah memproduksi lebih dari 50 jenis ekstrak yang banyak digunakan oleh perusahaan farmasi atau obat tradisional. Ekstrak hasil produksi BEC selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan internal dari PT Industri Jamu Borobudur, juga telah dipergunakan oleh perusahaan lain antara lain PT. Tempo Tbk. (Indonesia), Asia Botanicals (Malaysia), Beauty Nation (Malaysia) dan Biotranziit, Ltd (Jerman).

Distribusi produk PT. Industri Jamu Borobudur tidak hanya bersifat nasional yang tersebar di berbagai apotik dan toko obat, melainkan berskala international dengan diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapore, Saudi Arabia, Nigeria, Switzerland, Rusia, Amerika, Kanada, Mexico, New Zealand, Jepang, China, dan pada masa akan datang terus dikembangkan ke negara-negara lain di seluruh dunia.

Sarat dapat dibeli di MatahariMall


Teh Dari Daun Salam


Obat asam urat yang juga berbahan daun Salam adalah Teh Daun Salam. Maksudnya adalah sediaan daun Salam yang penggunaannya diseduh seperti teh, maka jadilah istilah yang sebenarnya memiliki pengertian agak rancu. Meskpun demikian banyak pengguna yang sudah tahu cara mengkonsumsinya yang tidak berbeda dengan teh celup.

 Teh dari daun Salam untuk pereda nyeri sendi akibat asam urat
Teh daun Salam, cara pemakaiannya sama dengan teh biasa

Daun Salam yang digunakan sebagai bahan teh lebih dulu dikeringkan secara merata agar tidak mengurangi senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin, dan flavonoid yang banyak terdapat dalam daun salam.  Karena senyawa tersebut dapat menurunkan kadar asam urat dengan jalan menghambat kerja ezim xantin oksidase sehingga dapat menghambat pembentukan asam urat.

Selanjutnya daun Salam kering dihaluskan dan dikemas dalam kantong-kantong kecil tidak berbeda dengan yang digunakan teh celup. Kemasan ini tidak merepotkan pengguna jika ingin mengkonsumsi Teh Daun Salam unruk membantu meredakan nyeri persendian akibat asam urat tinggi.

Teh Daun Salam dapat dibeli di BerkahHerbal


Artikel terkait Obat Asam Urat dari Daun Salam :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More