Obat Asam Urat Tradisional Daun Seledri


Obat asam urat tradisional daun Seledri atau Apium graveolens L. adalah tanaman yang lebih populer digunakan untuk sayuran dan sebagai bumbu masakan. Tanaman seledri masuk ke Indonesia dibawa oleh penjajah Belanda karena di Eropa tanaman ini biasa digunakan untuk menyedapkan sup. Hingga saat ini, di Indonesia daun seledri lebih dikenal sebagai pelengkap masakan sup. Selain itu paling lazim dipotong kecil-kecil untuk ditaburkan pada bakso, soto, juga bubur ayam.

Sementara di Jepang, Cina dan Korea tidak hanya daun, tetapi bagian tangkai daun juga diguinakan sebagai bahan makanan. Kebanyakan negara di Eropa memanfaatkan seluruh bagian seledri, mulai dari daun, tangkai, buah, dan bahkan umbinya juga digunakan sebagai bahan makanan. Seledri juga populer sebagai bahan makanan di Amerika, termasuk Amerika Selatan, tercatat orang dewasa di Amerika rata-rata mengkonsumsi 6 pon seledri per tahun.

Seledri sudah dibudidayakan di beberapa negara di Eropa dan Mediterania sejak 1000 SM, dan telah digunakan sebagai tanaman obat pada jaman Mesir kuno ini memiliki daun yang tipis, bersifat rapuh dan berbentuk belah ketupat miring. Memiliki panjang antara 2 sampai 8 cm, lebar 2-5 cm, pangkal dan ujung anak daun runcing, panjang tangkai anak daun antara 1 sampai 3 cm.

Tanaman seledri yang berwarna hijau tua dengan aroma dan rasa yang khas ini dapat hidup di dataran tinggi maupun rendah. Untuk dapat memperoleh kualitas tanaman yang baik, pertumbuhan seledri membutuhkan suhu yang berkisar antara 15-24 C. Di Indonesia, tanaman ini dapat dikembangkan di daerah dengan ketinggian 1.000 - 1.200 m di atas permukaan laut.


Seledri yang dibudidayakan berdasarkan prioritas penggunaan bagian tanaman dibedakan menjadi tiga kelompok :

Apium graveolens dari kelompok Secalinum atau Seledri Daun, disebut juga Seledri Iris terutama untuk diambil daunnya dan banyak dipakai sebagai pelengkap masakan di Indonesia.
Apium graveolens dari kelompok Dulce atau Seledri Tangkai, kelompok tanaman ini tumbuh dengan tangkai daun yang membesar untuk dimbil sebagai bahan salad.
Apium graveolens dari kelompok Rapaceum atau Seledri Umbi yang membentuk umbi di permukaan tanah. Sesuai kegunaannya, umbi yang kaya provitamin A dan K tersebut digunakan untuk bahan sayuran sup atau dibuat semur.

Sebagai obat-obatan herbal seledri memiliki sejarah yang cukup panjang dalam memelihara kesehatan manusia secara turun temurun, baik dalam memperlancar pencernaan, penyembuhan demam, penambah nafsu makan, penurun tekanan darah tinggi dan penurun kadar asam urat tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan senyawa kimia dalam seledri juga dapat berfungsi antimikroba, antioksidan, anti- inflamasi, antidepresan sampai bisa digunakan sebagai antiketombe.

Nutrisi yang dikandung Seledri

Kandungan utama seledri adalah butilftalida yang sekaligus menjadi pembawa aroma utama. Tanaman ini juga mengandung banyak
fitonutrien fenolik yang memiliki khasiat sebsagai antioksidan dan anti-inflamasi. Fitonutrien ini meliputi: asam caffeic, asam caffeoylquinic, asam sinamat, asam coumaric, asam ferulic, apigenin, luteolin, quercetin, kaempferol, lunularin, beta-sitosterol dan furanocoumarins.

Seledri juga mengandung asam folat, kalium, serat makanan, mangan, asam pantotenat, vitamin B2, tembaga, vitamin C, vitamin B6, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin A dalam bentuk karotenoid. Tetapi kandungan sodium (garam) sekitar 35 miligram per tangkai, membuat mereka yang sensitif terhadap garam harus memperhitungkan konsumsinya agar tidak berlebihan.

Resep Daun Seledri untuk Obat Asam Urat

Untuk memanfaatkan daun seledri sebagai obat asam urat, terutama mengurangi peradangan dapat dilakukan dengan cara  berikut :

  • Ambil 7 hingga 10 lembar daun seledri, cuci bersih dan rajang kecil-kecil
  • Masukkan rajangan seledri ke dalam panci bersama 2 atau tiga gelas air
  • Panaskan sampai mendidih, biarkan selama 1-2 menit lalu angkat
  • Tunggu sampai dingin, diminum dua kali pada pagi dan sore hari
Selain direbus, daun seledri tersebut bisa diblender sampai halus. Jus seledri tersebut juga untuk diminum dua kali pada pagi dan sore hari. Selanjutnya lakukan diet asam urat untuk menurun kadar asam urat sampai ke kondisi normal.


Obat tradisional asam urat lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More